Friday, March 20, 2020

Pengalamanku Mengenal Gerd

Selamat sore para sahabat Blogger yang tercinta Salam Sehat Bagi kita semua, Apa kabar kalian semua untuk hari ini saya doakan kalian semua baik baik saja serta selalu dalam lindunganNya. Baiklah Sobat kali ini saya mau menceritakan pengalaman saya pada saat menderita sakit lambung atau istilah kerennya GERD ada pula yang bilang asam lambung atau maag akan tetapi antara maag dengan Asam lambung itu sangatlah beda.kesamaannya cuma terletak pada permasalahan yang terjadi pada lambung atau usus nah sebelum lanjut lagi apa sih sebenarnya gerd itu??

GERD atau istilah kerennya (gastroesophageal reflux disease) seseorang juga sering menyebutnya sebagai  penyakit asam lambung disebabkan oleh melemahnya katup sfingter atau Otot LES yang terletak di kerongkongan bagian bawah 

Normalnya, katup ini akan terbuka untuk memungkinkan makanan serta minuman masuk menuju lambung dan dicerna. Setelah makanan atau minuman masuk ke lambung, katup ini akan tertutup kencang guna mencegah isi lambung kembali naik ke kerongkongan.

Namun pada penderita GERD, katup ini melemah, sehingga tidak dapat menutup dengan baik. Hal ini mengakibatkan isi lambung yang berisi makanan dan asam lambung naik ke kerongkongan.
Apabila kondisi ini terjadi terus-menerus, lapisan kerongkongan akan mengalami iritasi hingga peradangan dan lama kelamaan menjadi lemah. Reffrensi: disini

Awal Mula saya kena penyakit ini yaitu pada tahun 2015 atau tepatnya pada tanggal 15-06-2015 yang pemicu dari sakit yang saya derita ini tiada lain adalah Stress, jadi pada saat itu kondisi saya sedang tidak baik yang mengakibatkan saya stress berat dan hampir saja mengalami depresi berat karena pada saat itu selain tugas kantor yang begitu banyak menumpuk ditambah lagi ibu saya mengalami sakit entah sakit apa pada saat itu saya kurang tau karena tiba-tiba saja pingsan dan terjatuh tapi untungnya ibu saya selamat, mungkin itulah pemicu sakit ini yang sampai sekarang saya rasakan

Nah Gejala apa saja yang saya rasakan pada saat itu berikut ini saya paparkan
  • sesak nafas tapi tidak terus terusan kadang sesak kadang nafas plong dengan sendirinya
  • dada terasa panas
  • keliyengan akan tetapi tidak pingsan :D aneh kan haha
  • jantung berdebar debar kencang
  • pandangan agak kabur
  • banyak lendir yang keluar
  • panik yang luar biasa / kecemasan
  • dan ada lagi tapi lupa hehe
setelah mengalami gejala tersebut akhirnya  saya dilarikan kerumah sakit dan opname 2 hari dan diperbolehkan pulang pada saat itu, nah anehnya setelah ditanyakan ke dokter dokternya bilang bahwa saya tidak kenapa kenapa (apanya yang tidak kenapa wong saya sendiri yang merasakan) cuma disarankan pada saat itu saya disuruh rilek dan tidak usah banyak pikiran gitu, trus pemicunya apa dok
antara lain :
  • stress
  • bisa dari makanan yang menyebabkan melemahnya otot LES
  • Merokok
  • mengkonsumsi obat secara terus menerus
  • Obesitas
  • mengkonsumsi alkohol
  • dan masih banyak lagi
nah sampai disini saya tidak menyerah mencari lagi dokter spesialis SPOG yang lain dan kata dokter tersebut juga hampir sama pernyataannya dengan dokter pertama yang menangani saya disini akhirnya berhenti berobat ke dokter mencari alternatif lain dengan metode pengobatan alternatif dan akhirnya ketemulah dengan grup ini, dan berkat dari grup ini saya menemukan lagi kehidupan saya yang dahulu walaupun belum 100%, grup telah memperbaiki Pola hidup saya yang dahulu salah, jika sobat ingin bergabung silahkan klik link diatas dan bergabung bersama saya

Nah sobat demikianlah sekelumit kisah sedih saya didalam menghadapi sakit Gerd ini, saran saya jangan sampai sahabat semua kenal dengan penyakit ini sebab penderitaanya itu tiada ada akhirnya,artinya keluhan yang saya rasakan itu hampir setiap hari, perbaikilah segera pola hidup sahabat yang salah mulai sekarang terapkanlah pola hidup yang sehat
Sekian dan terima Kasih



0 komentar:

Post a Comment